Ferrari

Langgar Aturan Bahan Bakar, Ferrari Didenda 5.000 Euro

Visitorbetnews – Scuderia Ferrari harus membayar denda senilai 50 ribu Euro (setara Rp780 juta) gara-gara dianggap melanggar aturan soal bahan bakar mobil pada Formula One (F1) GP Abu Dhabi 2019. Prinsipal Tim, Mattia Binotto, mengklaim sudah memeriksa setidaknya 10 kali takaran bahan bakar di mobil nomor 16 milik Charles Leclerc sepanjang musim ini.

Tim yang berbasis di Maranello itu diduga melakukan pelanggaran terkait jumlah bahan bakar di mobil. Setiap tim diminta untuk memberitahu Federasi Balap Mobil (FIA) mengenai berapa jumlah bahan bakar di dalam mobil selambatnya 2 jam sebelum lomba.

Saat dilakukan pengecekan jelang balapan F1 GP Abu Dhabi 2019 akhir pekan lalu, Scuderia Ferrari tertangkap tangan menambah 4,88 kilogram (kg) bahan bakar dari yang dilaporkan ke FIA. Walau Leclerc lolos dari diskualifikasi, tim berkelir merah itu dikenai denda sebesar 50 ribu Euro.

“Anda diberi batasan konsumsi bahan bakar 110 kg setiap balapan yang bisa diukur dari meteran di mobil atau melihat injektor atau ketika menimbang berat mobil. Setiap tim diwajibkan menimbang mobil di awal dan akhir balapan,” tutur Mattia Binotto, dikutip dari Crash, Kamis (5/12/2019).

Dugaan pelanggaran soal bahan bakar di mobil Scuderia Ferrari sudah merebak sejak F1 GP Amerika Serikat 2019 pada pertengahan November. Sebab, Red Bull Racing meminta FIA untuk memeriksa adanya keanehan pada aroma bahan bakar Ferrari meski tidak ditemukan adanya pelanggaran.

About blackapin

Leave a Reply

%d bloggers like this: